Mengalahkan Imajinasi

Saya memiliki teori menarik bahwa bagaimana imajinasi mengontrol kita, berbanding terbalik dengan pengetahuan yang kita miliki. Semakin tinggi pengetahuan kita akan suatu hakikat, semakin rendah imajinasi kita akan hakikat tersebut.

Sebelum kita tenggelam lebih banyak dalam teori ini, mari kita ambil beberapa contoh: Anda berjalan di jalan setapak selebar 1 meter. Dapatkah anda melewatinya? Sangat mudah, tentu saja. Lalu bagaimana jika jalan setapak tersebut adalah jembatan diatas gunung yang tinggi? Tanpa pegangan disampingnya, tanpa pengaman apapun. Situasinya sama. Anda berjalan melewati jalan selebar 1 meter. Namun imajinasi anda mengusik anda yg membayangkan bagaimana jika anda jatuh…

Semakin anda mengetahui hakekat jembatan tersebut. Bagaimana kuat materialnya, betapa kokoh bangunannya, dan betapa tak ada faktor lain yg membuat anda jatuh selain diri anda sendiri.

Disinilah imajinasi membuat kita tidak berani melangkah. Disinilah imajinasi membelenggu kita dari keberhasilan. Bagaimana jika bisnis ini gagal? Bagaimana jika jualan kita merugi? Ketakutan ketakutan itu menghambat keberhasilan kita. Demikian juga dengan mimpi mimpi yang membuai dan memanjakan kita.

Namun jangan berfikir kita tidak membutuhkan imajinasi. Segala yang Tuhan berikan kepada kita memiliki manfaatnya. Imajinasi adalah sumber kreativitas. Kreativitas adalah sumber inovasi. Tanpa inovasi kita akan jalan ditempat.

Imajinasi haruslah mampu dikontrol dengan pengetahuan dan akal sehat. Ini akan mampu memusnahkan imajinasi kontraproduktif yang sering membuang waktu kita secara sia sia. Anda akan berhenti berimajinasi bahwa anda mampu melakukan telepati jika anda memiliki pengetahuan bagaimana proses komunikasi dan organ manusia bekerja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s