Hakekat Ruang Tanpa Batas

Secara konseptual, ruang sama seperti waktu yang bersifat tanpa batas. Namun berbeda dengan waktu yang tidak bisa dihentikan/dihancurkan karena hanya merupakan konsep, ruang adalah nyata.

Anda duduk didalam kamar. Kamar itu memiliki batas, namun diluar batas itu adalah ruang yang lain. Diluar bangunan itu adalah udara bebas yang dibatasi oleh atmosfer. Diluar atmosfer adalah ruang hampa, dan seterusnya hingga tanpa batas.

Dengan memahami konsep ini anda akan menyadari bahwa selain ruang adalah tidak terbatas, maka materi dan energy juga tidak terbatas. Ketiadaanbatas inilah yang membuat secara otomatis kita tidak bisa menghancurkan materi. Kita sudah mengetahui bahwa energy tidak bisa diciptakan atau dihancurkan. Ini karena energy secara keseluruhan berjumlah tidak terbatas. Demikian juga dengan materi. Ketika anda menghancurkan batu bata, dia tidak lenyap namun berubah menjadi unsur2 yang lebih kecil.

Mungkin anda kesulitan membayangkan konsep ruang tanpa batas dengan membayangkan apa yang ada diluar angkasa, jagad raya dan seterusnya. Mari kita melihat ke dalam. Setiap benda terdiri dari partikel. Setiap partikel terdiri dari atom. Atom terdiri dari sub atom dan sub atom terdiri dari quarks. Apa yang menyusun quarks? Tidak terbatas. Apappun itu pasti tersusun dari benda yang lain dan seterusnya hingga tak terbatas.

Apa implikasinya? Kita tau bahwa ruang tidak terbatas. Kita bisa mempertanyakan tentang langit ke tujuh. Karena tentu saja, akan ada langit ke delapan, sembilan, hingga tidak terbatas.

One response to “Hakekat Ruang Tanpa Batas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s