Sedikit mengenai Gendam

Pada banyak kesempatan, banyak korban gendam/hipnotis yang seolah olah hilang ingatan dan tidak sadar akan apa yang barusaja mereka lakukan. Dalam seri ‘Gendam Explained’ akan kami berikan banyak penjelasan bagaimana ini bekerja, dan bagaimana anda menghindari untuk menjadi korban suatu saat nanti. Dalam video berikut ditunjukkan oleh Darren Brown bagaimana dia membuat seseorang melupakan sesuatu yang telah diingatnya sekian lama. Dalam hal ini rumah/tempat berhenti. Simak video berikut:

Tentang Video

Video diatas memperlihatkan bagaimana Darren Brown membuat orang melupakan sesuatu yang bahkan sudah dihafalkannya selama bertahun tahun. Dalam video tersebut Darren masuk kedalam sebuah kereta bawah tanah dan bertanya kepada seseorang di stasiun mana dia akan berhenti. Setelah orang tersebut menyebutkan dimana dia akan berhenti, selanjutnya Darren menjelaskan bahwa dia akan menunjukkan bagaimana mudahnya membuat seseorang melupakan sesuatu. Dalam sekejap orang tersebut lupa dimana dia akan berhenti. hal ini berlangsung selama beberapa waktu sampai akhirnya Darren mengembalikan ingatannya. Percobaan ini dilakukan kepada beberapa orang dan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi.

Anda mungkin mengira bahwa pertunjukan tersebut telah diatur dan para objek tersebut adalah aktor. Jika anda berpikir demikian, maka anda bisa menjadi korban aksi yang sama. Membuat seseorang bingung hingga melupakan dimana rumah/tempat pemberhentiannya seperti yang barusaja kita lihat dapat dilakukan dengan sangat mudah dengan kondisi yang tepat.

Penjelasan

Kunci dari aksi tersebut terletak pada dua hal yakni social pressure dan sugesti. Sebagian besar orang memiliki rasa canggung saat berbicara dengan orang asing. Ketika orang asing mendekat dan berbicara dengan cepat dan penuh percaya diri, tanpa sadar anda pikiran anda akan melakukan banyak hal termasuk diantaranya: mencari motif orang tersebut berbicara pada anda, apa yang dia inginkan dari anda, dan disisi lain anda berusaha menjaga sikap tetap baik pada orang yang barusaja dia kenal. Tujuannya adalah membuat anda merasa inferior dan bingung dalam waktu yang bersamaan sehingga anda tidak punya waktu untuk berfikir sehat dan cenderung mengikuti perkataannya. Inilah kenapa aksi gendam sering dimulai dengan pelaku memulai melakukan kontak fisik terhadap korban seperti menepuk pundak, bersalaman, dan lain sebagainya. Korban akan merasa bingung, waspada, namun alam bawah sadarnya mencoba untuk tetap ramah. Untuk memahami hal ini, anda bisa membayangkan berada dalam posisi yang sama.

Dalam video tersebut darren memberikan pesan terselubung untuk ‘berhenti berfikir’ yang berkomunikasi dengan alam bawah sadar anda untuk berhenti berfikir. Disisi lain, sorotan kamera, banyaknya orang yang melihat, dan gestur tangan Darren yang tidak lazim membuat subjek teralihkan perhatiannya dan bingung. Semakin dia memaksa untuk mengingat, semakin dia kesulitan untuk mengingat dimana dia akan turun. Pada akhirnya, darren memutuskan kebingungan itu dengan memberikan pemicu untuk menghentikan kebingungannya dan menanyakan secara tegas, dimana dia akan turun. Subjek mampu menjawabnya dengan benar, bahkan hampir tanpa berfikir.

Cara menghindari Gendam

– Gendam dan hipnosis akan susah masuk pada orang orang yang berakal sehat, percaya diri, memiliki pendirian, dan tidak mudah patuh pada orang. Jika anda orang yang tidak canggung berbicara dengan orang yang baru anda kenal, anda sudah meminimalisir kemungkinan terkena gendam. Jika ada trik yang mengatakan bahwa jika seseorang menepuk pundak anda, maka anda harus menepuk balik pundaknya, maka hal itu ada benarnya. Dengan menepuk pundak anda, orang itu sengaja menciptakan superioritas akan diri anda, menjadi lebih alfa dari anda. Dengan menepuk balik pundaknya anda menciptakan pesan bahwa anda dan dia berada dalam level yang sama.

Jika hal ini terjadi pada anda, jangan biarkan orang tersebut mengatakan sesuatu yang membuat anda bingung. Seketika anda bingung, jangan paksakan untuk memahami apa yang dia ucapkan, namun fokuskan pikiran anda ke hal lain dan berpura puralah anda tidak mendengar jelas apa yang dia katakan.

Mereka yang terbiasa berfikir rasionalis cenderung lebih susah digendam atau dihipnosis karena pengetahuannya mengenai cara kerja banyak hal. Ketika seseorang memulai tekhnik forcing atau confusing, kita sudah mampu melihat kedatangannya dan mengantisipasi terjadinya hal itu. Pada akhirnya, hal ini sama sekali tidak berhubungan dengan ilmu hitam maupun kekuatan supranatural. Semua merupakan aplikasi dari pengetahuan ilmu psikology dan bagaimana cara kerja pikiran manusia.

VirKill

Indonesian Rasionalis Institute (IRIs)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s