James Randi dan Pencarian Bukti Klaim Supranatural

James Randi

James Randi

Artikel kali ini akan menjelaskan beberapa pengetahuan mendasar yang layak diketahui sebelum anda terlalu mempercayai segala klaim supranatural dari siapapun. Beberapa dari kita tentu bertanya kenapa ada orang orang yang tidak percaya kemampuan mistik? Hal ini semata mata bukan karena arogansi, sikap ‘seeing to believing’ namun juga mengacu pada fakta fakta yang sering luput disampaikan media mengingat media lebih gemar memberitakan hal hal yang bersifat supranatural.

Dari waktu ke waktu kita sering mendengar seseorang memiliki indera keenam, kemampuan melihat hantu, arwah orang meninggal, telepati, terawangan, santet, dan segudang kemampuan supranatural yang di klaim seseorang. Kemampuan kemampuan itu tentu saja diluar nalar logika dan penjelasan ilmiah. Tidak hanya di Indonesia, fenomena ini juga muncul di seluruh belahan dunia. Di hampir tiap negara (terutama di negara dengan tingkat pendidikan rendah) akan cukup mudah ditemukan orang orang yang mengaku memiliki kemampuan super atau supranatural.

Dari sekian banyak klaim orang orang yang memiliki kemampuan supranatural di Indoensia sejak dulu, tentu menemukan satu yang benar benar asli adalah hal yang mudah, bukan? Kenyataannya tidak demikian. Ada sebuah pertanyaan kritis yang menarik. Jika para ahli santet dan tenaga dalam itu memang ada sejak jaman dulu di Indonesia, kenapa kita tidak bisa menang mudah lawan penjajah? Pertanyaan semacam itu hingga kini tidak pernah mendapatkan jawaban yang memuaskan.

Aplikasi Kekuatan Supranatural dalam Militer
Jika kekuatan supranatural memang ada, dimana orang bisa mencelakai orang lain dari jarak jauh (vodoo/santet) atau melihat tempat lain dengan mata batin (terawangan/remote viewing) kenapa itu tidak dipalikasikan untuk kekuatan militer? Dalam kondisi perang dimana kita harus mengalahkan lawan untuk bertahan hidup, seorang komandan perang akan melakukan apapun untuk mencapainya termasuk jika perlu menggunakan cara cara supranatural. Negara negara Adidaya seperti soviet dan Amerika serikat tentu bersedia melakukan apapun yang bsia digunakan untuk memperkuat negaranya. Bagaimana kenyataannya?

Sejak awal 1970 hingga ditutup pada 1995, Militer Amerika Serikat melalui CIA melakukan riset mengenai keberadaan kekuatan supranatural dan kemungkinan kemampuan tersebut diaplikasikan untuk kekuatan militer. Para ahli cenayang dan paranormal dari daratan amerika, eropa, hingga suku suku afrika diuji kemampuannya dan diriset selama lebih dari 20 tahun. Tak kurang dari 1 juta dollar tiap tahun dikeluarkan dari uang pajak dihamburkan untuk penelitian tersebut. Hasilnya? Proyek itu ditutup pada 1995 dengan kesimpulan bahwa kemampuan psychic tidak terbukti dapat digunakan. Para ahli cenayang yang secara sukarela bersedia mengabdikan kemampuannya untuk negara, termasuk dalam mendeteksi markas militer rahasia, dan keperluan intelegen lainnya bahkan tidak mampu mendeteksi apa yang ada di ruangan sebelah secara akurat. Dilaporkan bahwa secara keseluruhan, para cenayang itu hanya memiliki tingkat keberhasilan sebesar 15% dan tingkat kegagalan sebesar 85%. Tidak lebih baik dari permainan tebak tebakan. Dalam percobaan rata rata dengan 4 kemungkinan, tingkat keberhasilan hanya sedikit diatas 30%.

New Age

New Age

Disamping kekuatan cenayang dan supranatural, unsur unsur dan filosofi new age juga sempat diterapkan untuk memenangkan perang. Dalam sejarah Militer amerika dikenal pasukan bernama First Earth Batallion yang mencoba menggunakan New Age sebagai usaha untuk memenangkan perang dengan cara cara non kekerasan termassuk peralatan ‘perang’ yang dimilikinya berupa alat dowsing, peralatan akupuntur, lilin aromaterapi, dan lain sebagainya. Mereka juga menggunakan obat obatan seperti LSD atau candu seperti Mariyuana. Batallion itu dibubarkan karena tidak produktif. Demikian pula dengan project stargate yang mencoba menggunakan bantuan ilmu supranatural untuk memenangkan perang, tidak dapat dinyatakan berhasil.

Dunia Ilmiah masih terus mencari bukti keberadaan ilmu supranatural. Kemampuan melihat dengan mata tertutup misalnya, jika ini memang ada, maka ini harusnya bisa diteliti apa yang menyebabkan fenomena ini, pada kondisi apa fenomena ini bisa terwujud, hingga akhirnya bisa menarik kesimpulan bagaimana kemampuan ini bisa diperoleh. Namun semua selalu gagal bahkan pada level pembuktian, sehingga keberadaan fenomena inipun belum terkonfirmasi. Hanya sebatas testimoni dari mulut ke mulut.

James Randi dan Tantangan 1 juta dollar
Demi mencari bukti yang dapat dipertanggungjawabkan mengenai keberadaan klaim kemampuan supranatural, banyak organisasi maupun individu yang menawarkan sejumlah uang bagi siapapun yang sekedar bisa mendemonstrasikan kemampuan supranatural secara sah dalam kondisi yang terkontrol. Pada akhirnya akan dibuktikan bahwa kemampuan yang diklaim merupakan kemampuan murni dan bukan trik psikologis ataupun trik sulap. Salah satu yang paling terkenal adalah tantangan 1 juta dollar dariJames Randi.

James Randi adalah mantan pesulap (illusionist, escapologist) dengan pengetahuannya yang luas mengenai trik sulap akhirnya mengabdikan diri untuk membongkar banyak penipuan berkedok klaim supranatural dengan menggunakan trik sulap. James Randi menawarkan 10.000 USD (yang kemudian naik menjadi 1 juta dollar) bagi siapapun yang mampu membuktikan keberadaan dunia supranatural ataupun kemampuan supranatural secara sah. Langkah ini diambil atas dasar banyaknya klaim yang dibuat di berbagai belahan dunia namun tidak ada yang dapat diklarifikasi. Disisi lain kemampuan seperti itu seharusnya jika dapat dibuktikan, dapat mengubah dunia sains. Uang 1 juta dollar tidak akan bernilai dibanding dengan kemajuan ilmu pengetahuan yang bisa dicapai dengan adanya bukti kemampuan supranatural. Sayangnya, selama lebih dari 10 tahun belum ada yang berhasil membuktikan kemampuannya dan mendapatkan hadiah tersebut.

Banyak pihak yang terusik dengan keberadaan james Randi dan mulai menghembuskan banyak berita negatif yang tidak berdasar, termasuk  menuduh James Randi melakukan kecurangan demi memperoleh popularitas dan mempertahankan uang 1 juta dollar. Perlu ditekankan bahwa dalam setiap pengujian, protokol pengujian telah didiskusikan terlebih dahulu untuk mendapatkan kondisi pengujian yang disepakati kedua belah pihak demi terbuktinya klaim yang dimaksud. Disisi lain, James Randi tidak akan kesulitan mendapatkan uang pengganti yang lebih dari 1 juta dollar jika ditemukan bukti adanya kemampuan supranatural. Militer Amerika sendiri telah mengeluarkan lebih dari 20 USD demi mencari keberadaan kekuatan tersebut. Artinya, penemuan adanya bukti kemampuan ssupranatural sesungguhnya adalah kemenangan bagi peradaban manusia, yang merujuk pada adanya bukti kekuatan yang tidak tunduk pada hukum fisika.

Selama lebih dari 10 tahun perjalanannya, JREF (james Randi Educational Fundation)  telah membongkar banyak trik berkedok kemampuan supranatural termasuk evangelist Peter poppoff, Sylvia Browne dan juga Uri Geller. Dari Indonesia juga ada dua perguruan tenaga dalam yang gagal membuktikan kemampuannya dalam pengujian James Randi.

Tawaran lain dari berbagai belahan dunia
Selain James Randi, masih banyak oraganisasi dan perseorangan yang menawarkaan hadiah bagi mereka yang mempu membuktikan kemampuan supranatural apapun. Organisasi North Texas Skeptic menawarkan 12.000 USD bagi siapapun yang mampu mendemonstrasikan kemampuan supranatural dibawah pengawasan ilmuwan, selain itu masih ada Quebec Skeptic yang menawarkan 10000 USD,  dan Tampa Bay sekptic  yang menawarkan 1000 USD.

Di India, dimana klaim supranatural, Guru, dan orang orang sakti banyak bermunculan, B. Premanand menyediakan 100000 Rupee bagi siapapun yang dapat mendemonstrasikan kemampuan supranatural di depannya tanpa melakukan kecurangan dan trik. Prabir Ghosh juga mengajukan 2000000 Rupee dengan tantangan yang sama.

Australian Skeptic menawarkan 100000 Dollar Australia dimana 20000 diantaranya diberikan kepada siapapun yang menominasikan paranormal yang berhasil membuktikan klaim kemampuannya dan 80000 sisanya untuk paranormal tersebut. ASKE (Association for Skeptical Inquiry)  menawarkan 12000 untuk bukti keberadaan kekuatan cenayang.

Dari kalangan Pesulap, Andre Kole yang merupakan mentor David Copperfield selama 25 tahun perjalanan karirnya keliling dunia sekaligus mencari orang orang yang mkengklaim memiliki kemampuan supranatural dan menawarkan 25.000 USD untuk orang yang dapat melakukannya tanpa trik sulap.  Hingga akhir karirnya Andre Kole belum pernah menemukan orang orang yang memiliki kemampuan supranatural asli yang bukan merupakan trik.

Chris Angel menawarkan satu juta dollar dari kantong pribadinya kepada Uri Geller dan Jim Callahan jika mereka bisa menebak isi amplop yang ada di tangan Chris. Ini merupakan respon Chris Angel atas claim yang dibuat Callahan pada acara TV berjudul Phenomenon dimana dia mengaku dibimbing oleh Roh Halus dan melakukan trik yang sama.

Seperti kita ketahui bahwa pencarian atas bukti keberadaan kekuatan supranatural telah dilakukan sekian lama dan hingga kini belum ditemukan satupun bukti yang dapat dipertanggungjawabkan mengenai keberadaan kemampuan supranatural. Banyak oraganisasi skeptic dan rasionalis di berbagai negara mengkritisi atas klaim klaim palsu tersebut dan tetap mencari bukti keberadaan kemampuan paranormal yang asli.

Inilah fakta fakta yang menjadikan alasan yang cukup kuat bagi sebagian orang untuk tidak mempercayai begitu saja klaim klaim atas kemampuan supranatural.  Di Indonesia jasa supranatural yang menawarkan ramalan, susuk, santet, pengobatan alternatif dengan tarif/mahar mencapai milyaran berkembang sangat pesat dan sedikit mendapat kritikan.

IRiS (Indonesian rasionalis Institute) hadir untuk menawarkan perspektif ilmiah dan menyodorkan fakta fakta yang telah ada sebelumnya untuk membantu menerikan alternatif penjelasan atas maraknya fenomena klaim supranatural. Apakah nantinya masyarakat lebih memilih untuk tetap percaya klaim klaim tersebut, kami kembalikan kepada masing masing pembaca. Salam pencerahan.

VirKill
On behalf of
IRiS (Indonesian rationalist Institute)

Referensi:

–    Buku Panduan Asli First Earth Batallion
–    “Project MKULTRA, the CIA’s Program of Research into Behavioral Modification. Joint Hearing before the Select Committee on Intelligence and the Subcommittee on Health and Scientific Research of the Committee on Human Resources, United State Senate, Ninety-Fifth Congress, First Session”. U.S. Government Printing Office (copy hosted at the New York Times website). August 8, 1977.

http://en.wikipedia.org/wiki/Project_MKULTRA

Psychology Today: Confessions of a Star Psychic

http://en.wikipedia.org/wiki/Stargate_Project

http://www.straightdope.com/columns/read/1727/did-the-u-s-government-fund-psychic-research

13 responses to “James Randi dan Pencarian Bukti Klaim Supranatural

  1. @bootle
    Saat ini belum ada. Untuk sementara silahkan bergabung di page IRiS di facebook. Bagi yang aktif disana akan diundang masuk dalam grup indonesian rationalist institute.

  2. Hmm.. ngarep moga james randy ke indo, soalnya teralalu banyak hoax di negara kita, banyak perguruan yang nggak jelas dengan klaim yang waaaaah… misalnya *sensor*

  3. Pingback: RUU Santet : Kenapa sebagian orang nggak percaya santet itu ada. | Virkology·

  4. Di Malaysia juga ada 1 perguruan yg terkenal gagal membuktikan kemampuan supernatural kepada Randi. Acara ini disiarkan di TV Korea. Sila cari di Youtube.

  5. bagaimana dgn hasil akhirnya sprti seorg wanita indonesia yg tumbuh kawat di dlm tembus ke luar perutnya. apakah itu trik juga Randy…

  6. saya lahir dan besar dikalimantan dan 6 thn bertugas dipedalaman.banyak hal supranatural yg pernah saya alami diluar akal sehat termasuk santet, penanggal (leak), dan banyak lagi. jadi sesuatu yg tidak bisa dianalisa secara ilmiah itu ada dan itu bukan hasil trik2 sulap

  7. militer dan polisi pake jasa supranaturalist lo…. kamu aja gk tau, n mreka jg gk pngen ketahuan hehehe, kopasusnya soeharto jg, polisi pas nyari pembunuh jg pake

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s